Traveler yang haus wisata adrenalin bisa menyambangi Kecamatan Semanu di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Di sini terdapat Gua Jomblang dan Goa Grubug yang punya keunikan di dasarnya. Penasaran?

Goa Jomblang-Grubug terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Jaraknya 8 Km sebelah timur Kota Wonosari, atau 50 Km sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

Dari Wonosari, Anda tinggal menyusuri jalan sampai bertemu papan bertuliskan "Wisata goa kali suci". Ikuti jalur tersebut sampai bertemu papan lain, bertuliskan "Goa Jomblang". Jangan kaget, karena jalannya masih tanah dan berbatu. Setelah melintasi desa dan pesawahan sekitar 2 Km, Anda akan melihat Resort Goa Jomblang yang punya taman tertata rapi.

Goa Jomblang-Grubug populer di kalangan turis asing dan lokal. Gua ini menawarkan wisata petualangan di dalam gua kapur, lengkap dengan sungai bawah tanah dan hutan purba. Kedua goa ini merupakan perpaduan goa vertikal dan horizontal. Letaknya di tengah areal ladang kering yang berbatu. Jalan menuju lokasi cukup menantang akibat banyaknya batuan di sepanjang jalan.

Menuju dasar Goa Jomblang, traveler harus menuruni tebing sekitar 60 meter dengan Single Rope Technique (SRT). Sesampainya di dasar, Anda bisa menikmati keindahan goa ini termasuk hutan yang berada di dasar goa. Konon, hutan ini dulunya berada di atas permukaan tanah. Namun karena suatu hal, tanah beserta batuannya rubuh hingga pohon pun ikut 'terjun' ke dasar goa ini.

Di dasar Gua Grubug, pancaran sinar matahari yang menerobos kegelapan tampak sangat menakjubkan. Sinar matahari ini menyentuh sejumlah stalaktit dan stalagmit yang terbentuk oleh tetesan air ribuan tahun lamanya. Dua buah stalagmit besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah Gua Grubug.

Untuk melihat cahaya menghipnotis seperti ini, Anda harus tiba di dasar Goa Grubug antara pukul 10.00-13.00 WIB. Di sisi lain goa terdapat aliran air sungai yang berasal dari Kali Suci. Di musim kemarau, traveler bisa bermain air di sini karena arus sungainya tidak terlalu besar. Anda juga bisa menyusuri sungai tersebut sampai ke air terjun di bawah tanah!

Namun kalau musim hujan tiba, aliran sungai ini akan semakin deras dan dalam. Lebih baik tidak mencoba 'main air' di sungai tersebut, atau nyawa Anda taruhannya. Walau begitu, Goa Jomblang dan Goa Grubug akan menorehkan pengalaman tak terlupakan bagi tiap orang yang datang ke sana


Tertarik berlibur ke Yogyakarta? Hubungi kami via email di mail@yunikatour.com atau whatsapp ke 0878.3764.1211 untuk mendapat paket-paket tour yang menarik!


(Sumber :https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2161458/wisata-adrenalin-di-yogyakarta-goa-jomblang-grubug-jawabannya/2)