Bagi Anda yang akan melakukan ziarah tur ke Holyland, ada baiknya untuk melihat-lihat makanan apa saja yang bisa Anda nikmati selama perjalanan di Israel. Kira-kira makanan ala orang Israel seperti apa saja ya? Yuk kita intip berbagai hidangan yang bisa Anda temui selama perjalanan tur Holyland di Israel.

  1. Shakshuka

    Shakshuka merupakan hidangan pokok yang disajikan pada sarapan di Israel. Makanan ini termasuk pada deretan makanan Israel terbaik selain Hummus dan Falafel. Sebenarnya Shakshuka berasal dari kerajaan Ottoman, Yaman yang masuk ke Israel melalui daerah Afrika Utara. Pada dasarnya Shakshuka berbahan dasar pasta tomat, paprika, ketumbar dan telur mata sapi yang dihidangkan bersama roti kering. Saat ini orang-orang juga menambahkan daging, sosis dan keju sebagai variasi, selain itu penyajiannya juga bisa dalam berbagai bentuk seperti disajikan di dalam roti pita, dengan hummus, atau menjadi topping pada pizza.



  1. Falafel

    Falafel merupakan makanan cepat saji yang paling populer di Tel Aviv. Makanan ini terbuat dari kacang Arab yang dihaluskan dan kacang fava yang dibumbui dengan bawang merah parsley, jintan dan ketumbar. Biasanya falafel dibentuk bulat-bulat dan dijadikan isian roti pita atau dibungkus dengan roti pipih dan diberi toping tomat, selada, timun, acar sayur, saus pedas dan saus tahini.



  1. Hummus

    Hummus adalah saus, olesan yang terbuat dari kacang Arab tumbuk yang dicampur dengan tahini, jus lemon dan bawang putih. Makanan ini populer di wilayah Mediterania dan Timur Tengah. Biasanya hummus juga biasa disajikan sebagai bagian dari meze atau sebagai pendamping falafel, ayam bakar, ikan, atau terong.




  1. Kouign-Amann

    Kouign-Amann (dibaca: “queen ah-mahn”) adalah kue breton yang berbahan dasar butter. Kue ini seperti puff pastry atau croissant paris. Rasanya manis karena diberi taburan gula dan garam. Kue ini sangat cocok untuk coffee break atau camilan atau bisa juga jadi bekal selama tour di Holyland.




  1. Knafeh

    Makanan ini merupakan cheesecake-nya orang Israel. Dessert ini terbuat dari kadaif (dikenal juga dengan sebutan angel hair), keju akawi dan sammeh atau minyak samin (ghee). Keju akawi sendiri adalah keju yang terbuat dari susu sapi, bisa juga terbuat dari susu domba atau kambing dan biasa digunakan sebagai bahan masakan di Timur Tengah. Keju jenis ini memiliki rasa sangat asin dan dibuat menjadi isian knafeh, biasanya ditambahkan dengan sedikit pewarna oranye agar warnanya menjadi menarik. Biasanya knafeh disajikan dalam keadaan masih panas untuk segera disantap.




  1. Kugel

    Kugel ini kalau di Indonesia seperti martabak mie namun memiliki rasa yang manis, hidangan ini biasanya cocok untuk disajikan sebagai hidangan penutup. Kugel merupakan kuliner dari Israel yang telah ada sejak jaman dahulu. Menu tradisional ini biasanya banyak dihidangkan saat perayaan pesta atau hari Sabat dan Yom Tov.




  1. Msabbaha

    Msabbaha merupakan salah satu variasi dari hummus yang biasa untuk jadi makanan pendamping, cocolan atau saus. Bedanya dengan hummus adalah Msabbaha menggunakan kacang arab utuh yang diaduk ke dalam saus. Saus ini juga menjadi salah satu saus terfavorit untuk orang Israel. 




  1. Pita bread dan ikan petrus

    Roti pita dan ikan pita merupakan makanan wajib saat tur Holyland ke Israel. Roti pita merupakan roti yang biasa disajikan dengan makanan lainnya di setiap hidangan di wilayah Mediterania, Timur Tengah. Biasanya roti ini disajikan untuk menjadi bahan cocolan atau menjadi sandwich dengan diisi bahan-bahan lainnya ke dalam “kantung” roti tersebut. 

    Adapula ikan petrus atau st. peter’s fish, salah satu hidangan khas jika Anda berkunjung ke Galilea. Ikan ini merupakan jenis ikan tilapia, kalau di Indonesia rasanya seperti ikan mujair. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan ikan yang terdapat koin logam di dalamnya.




  1. Koshari

    Koshari sebenarnya adalah makanan dari Mesir dan dapat dikatakan kalau makanan ini merupakan makanan wajibnya orang Mesir. Makanan ini cukup unik karena merupakan gabungan dari berbagai bahan yang tidak kita bayangkan yaitu nasi, makaroni, mie, kacang lentil dicampur menjadi satu dan diberi topping pasta tomat pedas.




  1. Sabich

    Makanan yang satu ini merupakan sandwich-nya orang Israel. Makanan ini juga vegan friendly karena bahan-bahannya terdiri dari telur rebus, terong goreng, salad, parsley, amba, dan saus tahini. Untuk lapisan pembungkusnya biasanya orang Israel menggunakan roti pita atau laffa. Makanan ini biasanya disiapkan untuk makanan saat Shabbat.