Bagi Anda yang berkesempatan melakukan Perjalanan Ziarah ke Tanah Perjanjian, tak lengkap rasanya tanpa membawa sesuatu yang khas dari sana. Maka Anda jangan lupa untuk membeli oleh-oleh Khas Holyland Tour. Ada apa saja sih?


1. Papyrus Mesir

Papyrus merupakan tanaman air yang tumbuh di Afrika Utara dan Eropa Selatan. Pada Zaman Kuno (3500 SM), kertas papirus digunakan sebagai media untk menuliskan tulisan aksara Hieroglif dan meletakkan gambar pada permukaannya. Keuntungan dari kertas papyrus adalah bahannya yang tahan air dan tidak mudahsobek/rusak dan tahan lama. Nah sebagai oleh-oleh Anda dapat membeli lukisan diatas kertas papyrus dengan harga bervariasi tergantung besar dan jenis lukisan. Untuk 1 lukisan dari kertas papyrus biasanya dihargai dari kisaran USD 30 – USD 2000 per lukisan.


2. Produk Laut Mati

Laut Mati merupakan perairan di kawasan Israel, Yordania, dan Tepi Barat yang memiliki kandungan garam dan mineral yang tinggi. Laut Mati memiliki lumpur yang sudah menjadi rahasia kecantikan dan kesehatan sejak zaman kuno. Di Laut Mati terdapat berbagai produk kecantikan seperti masker wajah yang dijual dan dapat Anda beli sebagai oleh-oleh sanak saudara.


3. Aksesories Rohani

Di setiap toko di Mesir, Israel, Jordan Anda akan banyak menemukan aksesories yang dijual seperti gantungan kunci, gantungan kulkas, tas dll. Adapula Aksesories Rohani seperti Minyak Urapan dan Rosario.  Namun tak lengkap rasanya apabila Anda ke Tanah Perjanjian namun tidak membeli aksesories Perhiasan yang khas di sana yaitu Bintang Daud. Perhiasan ini terdapat dalam berbagai tipe seperti, liontin, cincin, kalung, gelang serta jam tangan. Materialnya mulai dari besi biasa hingga emas putih lapis berlian. Untuk harganya bervariasi, mulai dari USD 5 hingga USD 1.000.000.


4. Kurma & Manisan

Kurma dan aneka manisan juga menjadi salah satu oleh-oleh makanan khas dari Tanah Perjanjian lho. Kurma dijual dalam berbagai kualitas, semakin baik dan tinggi kualitasnya, maka semakin mahal harganya. Biasanya kurma dijumpai di sekitar Kota Yerikho. 


5. Minyak Zaitun

Perjalanan Ziarah ke Israel kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang minyak zaitun. Israel adalah salah satu produsen minyak zaitun terbaik di dunia. Disana ada beragam jenis minyak zaitun yang memiliki berbagai manfaat diantaranya: sebagai minyak oles dan pijat. Selain itu minyak zaitun ada juga dapat diminum karena khasiat nya yang bagus untuk tubuh.



6. Anggur Cana

Anggur Cana merupakan anggur yang paling dicari dan diminati oleh kebanyakan peserta ziarah Holyland. Anggur Cana ini dapat dibeli di Kota Cana, sebuah kota kecil di sebelah Utara Israel dengan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari Yerusale. Anggur Cana juga memiliki beragam jenis, namun yang paling banyak dicari dan diminati adalah jenis King David karena rasanya yang kuat.


7. Kesenian Mozaik

Warga Madaba (sebuah wilayah di barat Yordania) terkenal dengan kemahirannya dalam membuat lukisan mozaik yang berwarna-warna sejak ribuan tahun yang lalu. Cara mereka dalam membuat lukisan sangat unik yaitu dengan cara mereka mencari batu-batu berwarna di pegunungan lalu mereka memotong menjadi bagian kecil-kecil lalu mereka menyusun batu tersebut sehingga menjadi suatu lukisan yang indah dan unik.



8. Berlian

Jangan salah! Meskipun Berlian mahal harganya, namun berlian menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari oleh peserta Holyland saat mereka berkunjung ke Israel. Ada satu tempat yang terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan yaitu NDJ (National Diamond Jewelry) di Tiberias dan Caprice di Yerusalem. Berlian yang dijual di toko tersebut memiliki kualitas yang tinggi sesuai dengan harganya yang memang tinggi.


Nah itulah 8 oleh-oleh khas Holyland Tour. Jadi sudah menentukan pilihan untuk membeli oleh-oleh apa untuk yang terkasih?