Setiap negara pastinya memiliki peraturan tersendiri yang harus ditaati tidak hanya oleh masyarakat negara tersebut, tetapi juga oleh turis yang berkunjung ke sana, tak terkecuali di Israel. Peraturan-peraturan tersebut bisa saja tertulis dan juga tidak tertulis. Sebagai peserta Holyand Tour pastinya kita tidak ingin berbuat sesuatu yang dapat membahayakan perjalanan ziarah kan?

Berikut adalah daftar hal-hal yang dilarang dilakukan saat berada di Israel yang bisa menjadi panduan agar ziarah dan liburan Anda tetap aman sekaligus menyenangkan.


  1. Jangan mengungkit masalah politik


    https://image.freepik.com/free-vector/character-business-people-having-discussion_53876-32625.jpg


Seperti yang kita tahu bahwa kondisi politik Israel dilatarbelakangi oleh sejarah yang rumit dan konflik yang masih berlangsung hingga saat ini. Jadi akan sangat baik dan sopan jika kita tidak membicarakan atau mengangkat topik mengenai politik dengan orang Israel, karena hal tersebut sama saja seperti membangunkan singa yang sedang tertidur. Lebih baik kita mencari topik yang lebih populer dan netral lainnya.


  1. Jangan menggunakan pakaian terbuka
    https://image.cnbcfm.com/api/v1/image/105869785-1556133344112woman-in-summer-fashion-on-vacation_t20_x68ldx.jpg?v=1556133579&w=1400&h=950


Sangat mungkin jika kita bepergian ke Israel dan mengunjungi situs-situs suci yang ada di sana, jadi pastikan jika Anda membawa pakaian yang sopan saat berlibur ke Israel. Maka sebaiknya bawalah baju yang sekiranya menutup bagian-bagian tubuh Anda (kaki dan lengan), jika Anda tidak ingin dianggap tidak sopan dan tidak menghargai kebudayaan setempat.


  1. Jangan hanya makan pita dan hummus



Sebuah kesia-siaan belaka jika Anda pergi ke Israel dan hanya mencicip pita dan hummus saja. Banyak sekali jenis hidangan di Israel yang dapat Anda coba, bisa Anda lihat di sini beberapa pilihan hidangan Israel lainnya.


  1. Jangan menjelajah tempat-tempat baru


    Image result for wander


Mungkin Anda merupakan tipe turis petualang yang suka menjelajah tempat-tempat yang jarang dikunjungi turis lainnya. Di daerah atau negara lain sangat mungkin untuk Anda melakukan hal tersebut, tetapi jangan sekali-sekali melakukannya di Israel jika Anda masih sayang nyawa. Secara teknis, Israel masih menjadi daerah konflik, maka tidak heran jika masih banyak ranjau-ranjau darat yang masih aktif dan tertanam di tanah. Sehingga sangat bahaya jika Anda berpetualang sendiri ke remote area atau di luar tempat wisata yang sudah ramai, salah-salah Anda bisa menginjak ranjau dan boom!


  1. Jangan membawa barang-barang ini


    Image result for banana


Sebaiknya Anda jangan membawa barang bawaan berikut ini saat berjalan-jalan di Israel seperti Alquran, atau semua buku yang berbahasa Arab. Pakaian Anda juga sebaiknya tidak mengandung muatan agama atau politik, juga barang-barang yang menyerupai seperti senjata. Bahkan pisang dan nanas juga terlarang di sana. Yang paling penting adalah jangan membawa barang berlebihan jika Anda ingin berjalan-jalan dengan nyaman dan tidak terkena surcharge bagasi pesawat.


  1. Jangan membonceng


    Image result for hitchhike


Hitchhiking atau menumpang orang asing adalah sesuatu hal yang lumrah dilakukan oleh pelancong atau turis, namun menjadi hal yang sangat tidak disarankan oleh penduduk Israel untuk dilakukan. Bukan karena hal tersebut merupakan tindakan ilegal atau kriminal, namun lebih karena alasan keselamatan. Latar belakang sejarah dan kondisi politik Israel merupakan penyebab mereka tidak akan mengambil risiko untuk memberi tumpangan kepada orang asing.


  1. Jangan takut untuk menawar


    https://www.learnamericanenglishonline.com/Word%20of%20the%20Day/WOD_images/2012_WOD_images/bargain.png


Hukum tawar menawar adalah wajib bagi pelancong yang ingin membeli barang di daerah atau negara lain. Jangan mengiyakan harga awal yang ditawarkan oleh penjaja di sana kepada Anda. Melainkan harus Anda tawar terlebih dahulu hingga Anda tidak merasa dirugikan. Dolar merupakan mata uang umum yang  bisa Anda gunakan berbelanja di Israel, walaupun ada juga yang menggunakan shekel.


  1. Jangan khawatir melihat tentara bersenjata dimana-mana


    Image result for israeli army relax


Israel memiliki peraturan bahwa warga yang berusia di atas 18 tahun pria maupun wanita (kecuali bagi mereka dengan alasan agama, kondisi fisik atau psikologis) harus mengikuti wajib militer. Jadi jangan heran jika Anda melihat banyak tentara dengan seragam dan bersenjata di antara kerumunan warga sipil. Mereka bisa terlihat sedang makan siang di kafe atau restoran, membeli barang di toko atau sedang duduk santai menikmati deburan ombak di pantai. 


  1. Jangan merokok di hari Sabtu


    Image result for dont smoke


Selain larangan merokok di tempat umum, Israel juga menerapkan larangan bagi Anda untuk merokok di hari Sabtu. Hari Sabtu merupakan hari besar di Israel karena merupakan hari Sabat (yang dimulai sejak matahari terbenam hari Jumat hingga Sabtu malam).


  1. Jangan mengabaikan hukum Yahudi Ortodoks


    Image result for jews orthodox


Anda akan melihat dan mungkin bertemu dengan orang-orang yahudi ortodoks di Israel. Salah satu peraturan dalam yahudi ortodoks yaitu tidak boleh bersentuhan/menatap lawan jenis yang disebut Negiah. Jadi jangan merasa sakit hati jika tiba-tiba ada orang yang berpindah tempat atau menyuruh Anda menjauh karena mereka hanya tidak ingin terjadinya physical contact.


  1. Jangan mencukur saat akan ke laut mati


    Image result for dead sea


Hal ini pasti sudah bisa Anda tebak, ya benar sekali, karena tingginya kadar garam di laut mati maka luka goresan yang timbul pada waktu Anda mencukur akan menyebabkan rasa perih saat terkena air di laut mati.


  1. Jangan berjalan saat hari-hari penting di Israel


    Image result for israeli walking


Jika kita berkunjung ke Israel pada saat-saat tertentu, Anda akan mendengarkan sirine dan Anda wajib untuk berhenti melakukan aktivitas, tidak boleh berjalan, diam dan mengambil sikap seperti mengheningkan cipta. Saat-saat tertentu yaitu pada hari Yom HaZikaron yang diperingati pada hari ke-4 bulan Iyar dalam kalender Ibrani atau sekitar bulan April-Mei di kalender Masehi dan Hari Peringatan Holocaust yang diperingati setiap tanggal 27 Januari di tiap tahunnya.


  1. Jangan bepergian saat Yom Kippur


    Image result for yom kippur


Selain Yom HaZikaron dan Hari Peringatan Holocaust, di Israel juga terdapat Yom Kippur, dalam bahasa Ibrani berarti Hari Penebusan atau Hari Perdamaian. Yom Kippur merupakan salah satu hari suci dalam agama Yahudi. Perayaan ini jatuh pada tanggal 10 Tisyri dalam kalender Yahudi. Perayaan ini biasanya dilakukan dengan berpuasa selama 25 jam, dihitung dari terbenamnya matahari. Dan pada saat itu biasanya tidak ada toko atau restoran buka dan jalanan akan sepi karena tidak ada yang melintas.


  1. Jangan berharap “light breakfast” di Israel


    Image result for israeli breakfast


Sarapan di Israel sebenarnya lebih mirip ke brunch karena Anda akan disuguhi set breakfast yang sangat lengkap, yang terdiri dari roti, pastries, meze, telur, orange juice, kopi, dan lebih banyak pastries. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan orang Israel untuk mengisi perut sebanyak-banyaknya dengan makanan sebelum menjalani aktivitas, namun jangan kaget kalau Anda akan langsung masuk ke makan siang setelah menyelesaikan “sarapan”. 


  1. Jangan meninggalkan tempat tanpa memberi tip


    How much to tip? Well, it depends. 4 tips to make it less taxing


Pemberian tip memang sudah menjadi hal umum dan wajib di Israel, terutama di Tel Aviv. Hal tersebut karena pelayan yang bekerja di sana biasanya lebih bergantung pada tip dibandingkan gaji. Pemberian tip bervariasi tetapi umumnya sekitar 10-15% dari harga makanan. Jangan kaget jika Anda nekat tidak memberikan tip, bisa saja pelayan di sana akan langsung bertanya mengapa Anda tidak memberikan uang tip atau meminta secara langsung kepada Anda. Dan jangan sampai Anda dikeluarkan dari sebuah restoran hanya karena masalah pemberian tip ini.



Eits tapi jangan khawatir, tenang aja kalau menggunakan jasa Tour Holyland dari Yunika Tour & Travel bisa dipastikan perjalanan tour dan ziarah Anda akan aman dan nyaman. Yunika Tour & Travel sudah berpengalaman sebagai penyedia jasa Holyland Tour dan bekerja sama dengan Guide lokal asli Israel yang memastikan Anda tidak akan melewatkan tempat-tempat penting yang ada di Holyland. Jangan khawatir, guide lokal yang nantinya akan membimbing Anda selama perjalanan di Holyland bersama Yunika sudah berlisensi dan berbahasa Indonesia.


Selain itu jangan merisaukan adanya penambahan biaya untuk tip karena biaya perjalanan Holyland di Yunika Tour & Travel sudah include segala tip yang akan dikeluarkan selama perjalanan mulai dari tip restoran, guide, tour leader sampai biaya toilet.


Tunggu apa lagi? Yuk daftar wisata Holyland di Yunika Tour & Travel.