Sudah merencanakan untuk ikut ziarah Holyland tapi bingung menentukan sebaiknya kapan waktu yang tepat? Penasaran bagaimana pembagian musim di Israel? Berikut kami rangkumkan pembagian musim di Israel, perkiraan suhu setiap musim dan waktu yang tepat untuk Anda datang berkunjung ke Holyland.


Musim di Israel

Israel merupakan negara yang berada di lintang utara dan berada di zona negara yang beriklim 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Tentunya di setiap musim memiliki suhu yang berbeda-beda yang membuat kita harus mempersiapkan segalanya seperti pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan suhu pada waktu itu sebelum berkunjung ke Israel.



Berikut perkiraan suhu di Israel per musimnya:

Musim Semi


Jika Anda merencanakan pergi ke Holyland pada bulan Maret - Mei maka hal tersebut bisa jadi pilihan yang tepat, karena Israel sedang memasuki musim semi. Musim semi, dalam bahasa Ibrani disebut “aviv”, merupakan saat paling menyenangkan untuk berkunjung ke Israel, karena belum panas namun tidak terlalu dingin seperti saat musim dingin. Saat musim semi ini, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata dengan santai tanpa kepanasan dan tidak menggigil kedinginan. Seperti negara-negara lainnya, saat musim semi adalah saatnya bunga dan tanaman mulai bermekaran, hal ini menjadikan pemandangan yang indah di wilayah Israel. Namun mungkin yang harus menjadi perhatian Anda adalah adanya hujan di musim ini, jadi persiapkan mantel hujan atau payung sebelum melakukan tour.

Suhu saat musim semi di Israel berkisar:

Maret    : 7°C - 17°C

April    : 9°C - 22°C

Mei    : 13°C - 27°C


Musim Panas


Dalam Bahasa Ibrani, musim panas disebut “kayitz”. Musim panas biasanya berlangsung di bulan Juni, Juli dan Agustus. Puncak dari musim panas biasanya akan terjadi di bulan Juni - Agustus.

Musim panas di Israel menjadi salah satu musim yang berat bagi turis. Jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Israel pada saat musim panas berlangsung maka Anda wajib untuk menyiapkan diri ekstra untuk menghadapi cuaca yang amat panas. Bawalah sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Selain itu janganlah lupa untuk membawa topi dan kaca mata yang dapat melindungi diri Anda dari sengatan sinar matahari.

Suhu saat musim panas di Israel berkisar:

Juni    : 15°C - 29°C

Juli    : 17°C - 31°C

Agustus: 17°C - 31°C


Musim Gugur


Musim gugur, bahasa Ibrani: “stav”, di Israel bisa menjadi musim yang menyenangkan untuk dikunjungi selain musim semi. Saat musim gugur, hawanya sudah mulai menuju ke dingin. Musim gugur biasanya diawali dengan tanda-tanda daun mulai berguguran, munculnya keong, bunga squill mulai mekar dan buah kapas mulai siap panen dan burung wagtail mulai terlihat beterbangan di langit. Saat musim gugur berlangsung, cuaca juga berubah-ubah, terkadang hangat seperti musim panas atau kadang hujan disertai angin. Sangat disarankan bagi Anda untuk selalu update cuaca melalui weather forecast.

Suhu saat musim gugur di Israel berkisar:

September    : 16°C - 29°C

Oktober    : 14°C - 27°C

November    : 11°C - 21°C


Musim Dingin


Musim dingin atau “choref” dalam bahasa Ibrani dapat menjadi musim yang menyenangkan sekaligus menegangkan bagi orang yang biasa hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Dapat melihat salju menjadi alasan kenapa kita harus mengunjungi negara ini saat musim dingin, pasalnya di Indonesia kita tidak akan menemukan salju (kecuali di puncak Jaya Wijaya). Namun kita harus berhati-hati karena saat musim dingin ini suhu akan turun drastis dan udara akan menjadi sangat kering, maka Anda perlu menyiapkan pakaian serta jaket yang dapat menghangatkan tubuh Anda serta bawalah lipgloss dan pelembab kulit karena udara yang sangat kering dan menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan kulit menjadi sangat kering. Jika Anda berkunjung ke Israel saat musim dingin maka Anda bisa menikmati pengalaman ski di gunung Hermon.

Suhu saat musim dingin di Israel berkisar:

Desember    : 7°C - 15°C

Januari        : 5°C - 13°C

Februari    : 5°C - 14°C


Jadi sudah menentukan kapan Anda akan berkunjung ke Holyland?
Yunika Tour & Travel menyediakan paket perjalanan 5 kali dalam satu tahun yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Untuk info lengkap mengenai produk Holyland Tour dari Yunika bisa Anda cek
di sini


*Suhu yang disebutkan di atas merupakan perkiraan, suhu yang sebenarnya bisa saja berbeda