Pemerintah Indonesia sudah membuat himbauan resmi mengenai pelaksanaan social distancing atau yang akhir-akhir ini sudah berganti istilah menjadi physical distancing. Bentuk dari himbauan tersebut adalah mulai dianjurkannya perusahaan-perusahaan membuat peraturan working from home dan bagi institusi pendidikan adalah dimulainya kegiatan belajar mengajar secara daring. Dibuatnya aturan seperti itu agar masyarakat dapat meminimalisir kegiatan di luar rumah dan bertemu serta berkumpul dengan orang banyak.


Pastinya hal tersebut sangat mengubah kegiatan sehari-hari Anda, yang mungkin biasanya Anda habiskan di kantor atau tempat belajar, sekarang lebih banyak Anda habiskan waktu di rumah. Daripada bengong waktu kerjaan dan tugas udah kelar, berikut daftar kegiatan yang bisa Anda lakukan selama #DiRumahAja


  1. Olahraga di dalam Rumah

Stay at home bukan berarti menjadi excuse untuk bermalas-malasan ya. Selain menjaga kebersihan diri dan minum vitamin, berolahraga juga bisa menjadi cara untuk menjaga badan tetap sehat. Jangan lupa untuk tetap menggerakkan badan meskipun di rumah.

Ajaklah anggota keluarga yang lainnya untuk melakukan olahraga bersama, pilihlah jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah seperti circuit training atau sekadar senam yang bisa Anda lihat di youtube.


  1. Membaca Buku

Indonesia memiliki tingkat literasi yang rendah, berdasarkan penelitian dari Program for International Student Assessment (PISA), Indonesia ada di peringkat 62 dari 70 negara. Mulailah dari menghabiskan buku-buku yang ada di rak buku di rumah. Selain dapat membunuh waktu secara efektif, hal tersebut dapat menjadi pelarian Anda yang mungkin memiliki hobi berjalan-jalan, bukankah buku merupakan jendela dunia? Di saat adanya larangan untuk keluar rumah, Anda bisa tetap bebas berpetualang ke berbagai belahan dunia lain melalui buku.


  1. Mengadakan Renungan Jalan Salib Bersama Keluarga

Bagi umat Kristiani, ajaklah keluarga Anda untuk melakukan renungan jalan salib secara mandiri di masa pra-paskah ini. Dengan melakukan renungan secara mandiri bersama keluarga berarti kita tetap mempersiapkan diri untuk menyambut Paskah yang sebentar lagi akan tiba dan juga sekaligus mendukung gerakan #dirumahaja.


  1. Memulai Hobi Baru

Waktu physical distancing seperti ini dapat Anda isi juga dengan mulai mempelajari hal baru yang mungkin belum sempat Anda lakukan waktu dulu. Banyak sekali pilihan hobi atau aktivitas baru yang dapat Anda pelajari, misalnya menanam tanaman dengan cara hidroponik, memasak kue, atau menjahit.


  1. Bersih-bersih Rumah

Waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah dapat juga digunakan untuk membersihkan rumah. Ajak seluruh anggota keluarga untuk bersih-bersih seluruh sudut rumah. Selain dapat mengisi waktu juga dapat mencegah anggota keluarga terkena virus yang dapat membuat sakit. Selain itu kebersihan merupakan sebagian dari iman bukan?


  1. Nobar Keluarga

Menonton film bersama tampaknya bisa juga menjadi alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Siapkan internet terbaik untuk streaming film di internet atau keluarkan koleksi dvd film lama Anda. Pastikan gunakan platform yang legal ya.


  1. Bermain Games Bersama

Bermain games bersama selalu menjadi ide yang brilian. Anda dapat menghabiskan waktu untuk battle dengan keluarga Anda dengan games console maupun board games.


Itulah beberapa tips untuk mengisi waktu selama Anda berada di rumah aja. Ingat untuk selalu menjaga jarak, jangan keluar rumah jika tidak ada hal mendesak, dan tetap jaga kebersihan.