Shalom. Bagi Anda yang hendak melakukan Perjalanan Ziarah ke Israel kami berikan tips apa saja perlengkapan yang wajib anda bawa, check this out:

1. Pakaian yang tepat dan nyaman

Pakaian tentu saja merupakan faktor penting yang tidak mungkin terlupakan saat hendak berpergian. Berikut pakaian yang sebaiknya Anda persiapkan saat ziarah:

-Bawalah pakaian yang nyaman dipakai, rapi dan sopan karena saat berziarah tentu saja Anda akan mengunjungi banyak Gereja. Bagi wanita, hindari pakaian tanpa lengan dan pakaian mini dan disarankan memakai celana panjang.

-Jika Anda pergi saat musim dingin bawalah jaket tebal/mantel, kaus kaki tebal, sarung tangan, syal dan penutup telinga.

-Bawalah pakaian dalam secukupnya. Untuk pakaian dalam disarankan  dapat membawa celana dari bahan kertas atau celana sekali pakai. Pakaian dalam ini dapat digunakan saat malah hari/saat tidur, sehingga pada pagi harinya Anda bisa membuangnya. 

-Bawalah satu pakaian yang siap Anda buang saat Anda mengunjungi  Laut Mati. Karena Laut Mati mengandung kadar garam yang tinggi dan lumpur sehingga Anda tidak mungkin membawa pakaian Anda kembali.

-Bagi Anda yang hendak merencanakan melakukan  rededikasi pernikahan di Gereja Cana, Anda juga dapat membawa jas resmi dan baju pesta/kebaya sehingga akan tampak indah saat mengabadikan moment redikasi pernikahan.

-Bawalah pakian hangat jika Anda hendak mendaki Gunung Sinai, karena angin di Gunung Sinai cukup dingin terlebih jika Anda mendaki pada malam hari.

-Bawalah pakaian secukupnya agar tidak menambah berat bawaan Anda.


2. Sepatu kets

Holyland Tour ini membutuhkan banyak jalan kaki dari satu gereja ke gereja yang lain sehingga Anda akan membutuhkan alas kaki yang nyaman untuk berjalan selama disana. Sebaiknya Anda menggunakan sepatu ket tertutup sehingga meminimalisir kaki anda agar tidak lecet saat berjalan cukup lama/jauh atau saat Anda mendaki Gunung Sinai. Saat cuaca cukup panas pun kaki anda akan terlindungi dari paparan sinar matahari. Bagi wanita sangat tidak disarankan untuk memakai sepatu berhak tinggi/high heel.


3. Tas ransel/selempang

Selain koper yang Anda gunakan untuk membawa perlengkapan pakaian Anda selama ziarah, Anda juga disarankan membawa tas ransel/selempang yang akan Anda pergunakan saat anda tour sehingga nyaman dan membawa keperluan secukupnya saja seperti paspor, dompe, obat-obatan penting, notes, hp atau kamera.


4. Makanan Siap Saji

Perjalanan Holyland ke Mesir, Israel, Jordan ini tentu saja akan memberi warna baru pada citarasa makanan yang beda dari biasanya yang kita makan di Indonesia. Oleh karena itu mungkin anda perlu untuk beradaptasi dengan makanan disana. Jika cocok ya syukurlah, namun jika tidak Anda dapat mensiasatinya dengan membawa persediaan makanan kering dari Indonesia, seperti: kering tempe, rendang kemasan, indomie/pop mie, abon, saus/kecap, makanan siap saji lainnya yang sesuai dengan lidah Anda.


5. Obat-Obatan Pribadi dan Vitamin

Bawalah obat-obatan pribadi dan vitamin sesuai keperluan Anda dan sesuai dengan resep dokter. Terkhusus bawalah vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit selama perjalanan ziarah. Bawalah vitamin untuk keperluan Anda, khususnya vitamin C agar kondisi Anda tetap sehat dan fit selama berlangsungnya perjalanan ziarah, juga obat-obatan ringan untuk menghindari gangguan pencernaan, sakit kepala dan perut. Persiapkan juga counterpain, koyo atau sejenisnya untuk menghilangkan rasa pegal-pegal.


6. Mata Uang Dollar

Penting untuk diingat bahwa Anda harus menyesuaikan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Untuk mata uang di Mesir, Israel, maupun Jordan Anda dapat menggunakan mata uang dollar/USD. Hampir semua toko-toko souvenir, restoran bahkan cafe di kaki lima menerima mata uang USD. Sebaiknya Anda menyiapkan pecahan seperti 1$, 2$, 5$, 10$, 25$, 50$. Anda dapat menukarkannya di money changer terdekat di domisili Anda. 


7. Alat Komunikasi

Bawalah alat komunikasi seperlunya saja. Cukup membawa satu handphone sudah cukup. Handphone akan membantu memudahkan Anda, Peserta lain dan Tour Leader dalam berkomunikasi. Handphone juga menjadi satu-satunya alat komunikasi yang dapat Anda manfaatkan bila mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat. Handphone juga dapat membantu Anda mengabadikan moment ziarah Anda untuk mengambil foto dan video selama disana apabila Anda tidak membawa kamera. Hindari juga membawa laptop yang cukup besar dan berat sehingga tidak memakan banyak ruang di tas atau koper Anda.

 


“ Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan Ziarah! “

(  Mazmur 84:6 )

Rindu ingin berziarah ke Tanah Perjanjian tahun ini? Ingin tanya-tanya dulu atau Info lebih detail dapat klik disini kami akan merespon Anda dengan sepenuh hati