Mau travelling tapi bingung bagaimana cara packing yang simple? Most of us sering menganggap packing itu sulit karena belum mengerti tips dan triknya. So, we have to smart to solve this problem. Tak perlu khawatir lagi, kami berikan tips & trik nya. Check this out!!

1. Buat list  barang bawaan 

Poin awal sebelum packing adalah buatlah list atau daftar barang bawaan Anda agar tidak ada barang yang tertinggal. List barang bawaan mulai dari pakaian, dokumen, makanan, alat mandi, barang elektronik dan barang lainnya. Tulislah semua list secara lengkap dan mendetail dalam secarik kertas. 


2. Pilihlah koper atau tas yang tepat

Memillih untuk membawa koper atau tas yang tepat akan memudahkan Anda dalam menata barang bawaan Anda. Sesuaikan koper atau tas Anda dengan banyaknya muatan barang yang akan Anda bawa. Pilihlah jenis koper atau tas yang punya banyak kompartemen agar memudahkan Anda dalam menempatkan barang sesuai fungsi dan kebutuhannya.


3. Bawa pakaian seperlunya

Bawalah pakaian secukupnya saja dengan menyesuaikan jumlah hari berpergian Anda. Hindari membawa pakaian terlalu banyak jika pada akhirnya tidak terpakai, sebaiknya Anda membawa pakaian yang memang akan Anda gunakan sehingga tidak membuat koper Anda terasa penuh.


4. Bawa sepatu secukupnya

Membawa banyak sepatu akan menghabiskan ruang di koper Anda. Sebaiknya bawalah sepatu secukupnya. Dua sepatu sudah cukup untuk menunjang penampilan Anda saat liburan. Bawalah sepatu yang nyaman untuk dipakai selama liburan.


5. Siapkan Travel Pouch

Travel pouch ini berfungsi untuk memisahkan barang-barang kecil agar Anda bisa lebih menghemat tempat dan peletakannya rapi. Anda dapat mempersiapkan beberapa travel pouch yang dibutuhkan untuk menyimpan benda- benda seperti pakaian dalam, alat makeup, ataupun alat mandi. 



6. Gunakan Vacuum Bag

Vacuum bag akan sangat membantu Anda dalam mengepak barang bawaan Anda mengingat fungsinya yang mampu mengurangi ukuran baju secara signifikan dengan cara mengeluarkan udara dari dalam kantong tersebut. Vacum bag dapat menjadi solusi praktis  untuk Anda yang membawa barang-barang tebal seperti selimut, jaket, dan lainnya. Dengan begitu, barang bawaan yang telah di vacuum akan semakin ringkas sehingga Anda bisa memuat lebih banyak barang lagi di dalam koper.


7. Bawa Kantung Cucian atau Pakian kotor sendiri

Membawa tas cucian, menjadi trik ampuh untuk packing saat Anda akan pulang dari liburan Anda. Setelah seharian berjalan-jalan tentu Anda akan mengganti pakaian yang Anda gunakan hari itu karena telah kotor. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda dapat menyiapkan tas cadangan untuk memisahkan pakaian kotor dan pakaian bersih yang masih tersimpan di koper.


8. Menggulung Pakaian 

Menggulung pakaian merupakan trik ampuh untuk menghemat ruang dalam koper Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meringankan bawaan dan memuat pakaian lebih banyak. Anda dapat menggulung pakaian Anda yang berjenis bahan tidak mudah kusut seperti kaos, celana jeans, kaus kaki. Namun, untuk pakaian yang mudah kusut, sebaiknya tidak perlu digulung, dilipat rapi dan letakkan di tumpukan gulungan baju yang sudah dirapikan.



9. Susun pakaian dengan tepat

Dalam menyusun pakaian di  koper tidak boleh asal-asalan agar tidak berantakan dan dapat tersusun rapi, semua barang bawaan Anda dapat masuk. Susunlah mulai dari yang paling berat. Letakan bahan jeans di bagian paling dasar kemudian disusul jenis baju lainnya yang lebih ringan. Selanjutnya, untuk barang-barang essential Anda dapat meletakkannya di bagian atas koper atau di dalam tas jinjing Anda, agar Anda mudah meraihnya saat dibutuhkan segera seperti dokumen paspor, handphone, dompet, atau apapun barang yang Anda anggap penting. Terakhir, Anda dapat mencari ruang kosong di dalam koper Anda, biasanya di sela-sela tumpukan pakaian dapat digunakan untuk menyelipkan barang-barang kecil, seperti ikat pinggang, travel pouch, dan sandal.


Nah itulah tips & trik packing anti ribet dari kami, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? Sudah siap untuk liburan berikutnya yuk kepo-in paket liburan menarik kami, klik disini sekarang juga!!!