• Bumi merupakan satu-satunya planet dalam galaksi bimasakti yang tidak dinamai berdasarkan nama dewa-dewi dari mitologi Yunani

Sedangkan 7 planet lainnya di galaksi bimasakti dinamakan berdasarkan dewa-dewi Yunani. Pada zaman kuno, baru 5 planet yang berhasil dilihat dengan mata telanjang dan dinamai yaitu  Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus. Lalu dua planet lainnya dinamai juga dengan sistem yang sama yaitu Uranus dan Neptunus.

Belum ada yang bisa memastikan asal-usul penamaan Bumi namun dalam bahasa inggris, bumi disebut “Earth” yang berasal dari kata inggris kuno yaitu “Ertha” yang berarti tanah


  • Bumi merupakan planet terpadat di tata surya.

Namun hal ini bervariasi sesuai dengan bagian planet, misalnya, inti logam yang lebih padat dari kerak bumi. Kepadatan rata-rata Bumi adalah sekitar 5,52 gram per sentimeter kubik. 


  • Atmosfer bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan beberapa persen gas argon dan karbondioksida

Atmosfer bagi bumi tidak hanya berguna untuk menutrisi kehidupan, namun juga melindungi kehidupan di dalamnya. Tanpa kita sadari selama ini atmosfer bumi sudah melindungi kita dari serangan jutaan batu-batu asteroid yang melintas. Dengan lapisan atmosfer yang dimiliki bumi, batuan besar tadi berhasil dikikis sehingga tidak berhasil menembus atmosfer atau berubah menjadi batuan kecil yang tidak membahayakan kehidupan di bumi. Selain itu atmosfer juga melindungi makhluk hidup dari bahaya radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari.


  • Sebagian besar oksigen yang ada di Bumi dihasilkan dari tumbuhan yang melakukan fotosintesis (hasil daur ulang dari gas karbondioksida)

Kampanye untuk menjaga keselamatan bumi melalui penghijauan kembali sepertinya memang harus benar-benar dijalankan. Coba bayangkan betapa ngerinya jika kadar oksigen bisa berkurang karena alih fungsi hutan sembarangan.


  • 70% permukaan bumi diselimuti air. 

Meski begitu manusia sejauh ini baru berhasil mengeksplorasi sekitar 5%-nya saja. Diperkirakan keberadaan air di bumi ini sebenarnya berasal dari dalam bumi yang mana muncul ke permukaan karena adanya aktivitas vulkanik.

Lautan juga diperkirakan merupakan tempat yang menjadi awal dari kehidupan di bumi diperkirakan berkembang dari lautan melalui proses yang dinamakan abiogenesis atau biopoiesis


  • Titik tertinggi bumi ada di 8.800 mdpl, sedangkan titik terendah bumi ada di 10.900 mdpl

Titik tertinggi yang ditemukan di Bumi adalah Gunung Everest yang mencapai ketinggian 8,8 km. Titik terendah di Bumi yang berhasil ditemukan oleh manusia saat ini disebut Challenger Deep, di palung Mariana, pada 10,9 km di bawah permukaan laut, itu lebih jauh dari puncak Gunung Everest.

  • Temperatur di bumi tertinggi adalah 56,7 dan terendah adalah -89,2

Temperatur tertinggi di bumi yang pernah tercatat yaitu 56,7 C di Furnace Creek Ranch, Death Valley, California in 1913. Sedangkan temperatur terendah yaitu -89,2 C di Vostok Station, Antarctica in 1983.

  • Hutan Hujan Amazon tetap subur karena fosfor yang didapat dari Gurun Sahara. Saat ini, setiap tahun angin bertiup rata-rata 182 juta ton debu dari Bodélé Depression di Chad. Debu yang kaya nutrisi melintasi Samudra Atlantik dan jatuh di atas lembah Amazon. Setiap tahun, curah hujan di Amazon menyapu banyak nutrisi, termasuk fosfor, nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Debu dari Gurun Sahara mengisi kembali nutrisi yang hilang ini dan membantu menjaga kehijauan Amazon.

  • Gelombang pasang surut di lautan adalah merupakan hasil aktivitas gaya tarik menarik antara matahari, bulan dan bumi. 

Gelombang pasang dibentuk oleh gaya gravitasi bumi, matahari, dan bulan. Gaya gravitasi matahari dan (sebagian besar) bulan menarik lautan menyebabkan lautan pasang di kedua sisi bumi (sisi yang paling dekat dengan bulan dan sisi yang paling jauh dari bulan)