Shalom Sahabat Yunika .....
Yuk kenalan dengan Gereja Gantung!! Kalau ke Holyland Tour Gereja Gantung ini adalah Gereja yang akan dikunjungi pada awal perjalanan karena lokasinya yang berada di Mesir.
Ngomong-ngomong kok bisa dinamakan Gereja Gantung ya? Apakah gerejanya menggantung? Penasaran, yuk simak sejarahnya ....

Gereja Gantung merupakan salah satu gereja tertua dan bersejarah di Mesir. Hal ini dikarenakan gereja tersebut dibangun di atas Benteng Romawi Kuno. Gereja ini merupakan Gereja Koptik yang paling terkenal di kota Cairo dan gereja ini dipersembahkan kepada Perawan Maria maka gereja ini dikenal juga sebagai gereja Maria.


Doc: Holyland Yunika Group 2019

Sejarah Gereja Gantung

Gereja yang terletak di Kom Ghorab, Old Cairo, Cairo Governorate, Mesir ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 dan telah mengalami restorasi beberapa kali. Pada abad ke-10 Gereja Gantung dibangun kembali oleh Patriark Abraham. Diabad ke-11, Gereja Gantung menjadi kediaman resmi para leluhur Koptik Alexandria dan beberapa Sidang Sinode Koptik pernah diselenggarakan di dalam Gereja ini. Bangunan gereja ini memiliki gaya arsitektur Basilican, sehingga menjadi gereja yang diklaim paling terkenal di Kairo, Mesir. Pada abad ke-14 dan 15, gereja tersebut juga disebut sebagai Gereja Tangga, karena bangunan itu memiliki 29 anak tangga menuju pintu masuknya. Di puncak anak tangga terdapat tiga buah pintu kayu yang dihiasi oleh pola-pola geometris yang dihiasi oleh ukiran dekoratif di dinding batunya.

Doc: egypttailormade.net


Mengapa disebut Gereja Gantung?

Gereja ini memiliki nama lain Al-Muallaqa yang artinya sesuatu yang digantung. Hal ini dikarenakan gereja tersebut dibangun di atas permukaan tanah yang naik sekitar enam meter, dan ditahan oleh pilar yang kuat sehingga terlihat seperti menggantung. Bagian depan gereja terdapat mimbar yang ditunjang oleh 13 pilar yang mewakili Yesus bersama ke 12 murid-Nya. Yang menarik dari ke 13 pilar tersebut adalah terdapat pilar yang berwarna hitam yang berarti Yudas Iaskariot dan yang berwarna abu-abu yang berarti Tomas. Sisi bangunan menarik lainnya dari gereja ini adalah atapnya yang berbentuk seperti Bahtera, menggambarkan gereja sebagai bahtera yang membawa umat manusia kepada keselamatan. 

Foto Bagian dalam Gereja Gantung, Doc: destinationinegypt.wordpress.com


Doc: Holyland Yunika Group 2019

Nah setelah membaca apakah sahabat tertarik untuk mengunjunginya langsung? yuk kepo-in jadwal holyland tour kami
di sini. Tuhan Memberkati