Wah libur telah tiba! Sudah merencanakan untuk melakukan liburan kemana aja nih?

Eitsss... tapi tunggu dulu, sebelum itu cek dulu yuk apa aja yang sebaiknya Anda lakukan agar liburan Anda tetap aman dan menyenangkan di tengah pandemi COVID-19 ini.

 

  1. Tentukan destinasi yang aman

Tentunya Anda ingin liburan di tempat yang aman dan nyaman, karenanya pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu apakah tempat wisata yang ingin dikunjungi biasanya ramai atau tidak. Rule of thumb yang bisa Anda pakai, Anda bisa cek jumlah waktu populer di google (jika ada).

Pilihlah tempat yang tidak tertutup dan wilayahnya cukup luas, jadi pengunjung bisa melakukan jaga jarak dengan pengunjung lainnya. Memilih tempat wisata yang melakukan protokol keamanan kesehatan yang jelas juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sekeluarga.


  1. Pahami aturan traveling aman di tempat wisata

Memperhatikan detail aturan yang ditetapkan oleh tempat wisata menjadi hal yang wajib Anda lakukan sebelum berlibur. Pasalnya dalam masa pandemi ini pastinya ada banyak aturan baru yang ditambahkan oleh pihak pengelola wisata untuk menjaga keamanan pengunjungnya. Maka sangat disarankan bagi Anda untuk mencari tahu atau jika perlu, Anda bisa menghubungi pihak pengelola tempat wisata mengenai aturan yang harus Anda penuhi untuk memasuki tempat wisata tersebut.


  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Hal penting ini tidak boleh sampai Anda lewatkan. Jangan sampai rencana liburan Anda gagal hanya karena Anda lupa membawa salah satu dokumen yang disyaratkan, terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan wisata ke luar daerah.


  1. Jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan

Jangan sampai terlena dengan euforia liburan karena menjaga kesehatan tetap menjadi fokus utama Anda sekeluarga saat ini. Tetap makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup serta jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin.


  1. Bawa selalu hygiene kit

Bawa selalu sabun cuci tangan, tissue basah, hand sanitizer dan masker cadangan dalam daily bag Anda. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan makan sendiri ya.


Itulah beberapa tips yang sebaiknya Anda lakukan agar liburan Anda tetap aman namun bisa menyenangkan. Selamat berlibur pals!